Contoh Surat Kuasa

Wednesday, December 3rd 2014. | Contoh Surat

Surat kuasa adalah surat yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari pihak satu ke pihak yang lain yang berisi tentang pelimpahan wewenang. Contoh surat kuasa yang tidak boleh digunakan asal-asalan, karena surat kuasa harus mempunyai bukti keyakinan untuk menunjuk seorang pihak yang akan menerima surat kuasa Anda tersebut.

Untuk membuat surat kuasa Anda harus memerhatikan beberapa hal umum agar surat kuasa Anda dibuat dengan benar dan baik, seperti berikut:

  1. Cantumkan judul “Surat Kuasa” pada bagian atas surat, di dalam hukum biasanya ditulis dengan Surat Kuasa Khusus atau Surat Kuasa Substitusi.
  2. Cantumkan pihak yang ikut terlibat dalam pelimpahan kuasa. Pada bagian pertama, tulis secara singkat profil pemberi kuasa kemudian profil penerima kuasa secara singkat juga.
  3. Cantumkan Kata Penutup Surat.
  4. Cantumkan tempat dan taggal pembuatan surat kuasa.
  5. Cantumkan tanda tangan dan nama pemberi kuasa serta penerima kuasa.
  6. Sebagian besar surat kuasa selalu di beri materai, ini bertujuan untuk menguatkan keabsahan surat kuasa tersebut.

Agar anda bisa memahami lebih jelas lagi tentang contoh surat kuasa yang benar dan baik, dibawah ini ada contoh surat kuasa yang mungkin akan berguna untuk Anda. Silahkan merubah isi contoh surat kuasa di bawah ini sesuai dengan tujuan pembuatan surat kuasa yang akan anda buat.

                SURAT KUASA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : Nama Pemberi Kuasa
Pekerjaan       : -
Alamat            :-
Melalui surat ini telah memberi kuasa kepada :
Nama             : Nama Penerima Kuasa
Pekerjaan       : -
Alamat            : -Untuk mewakili atau bertindak untuk dan atas nama pemberi kuasa sebagai …. ( sebutkan jabatan / kekuasaan pemberi kuasa, sebutkan pula dasar kekuatan dari pemberi kuasa, misalnya adanya SK).Maka penerima kuasa diberikan kuasakan untuk… (tujuan pemberian kuasa).Surat Kuasa ini diberikan dengan hak untuk melimpahkan (recht van substitute) baik seluruh atau sebagian yang di kuasakan ini kepada orang lain.Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.Jakarta, 16 Juli 2013Penerima Kuasa                                                               Pemberi Kuasa(Nama Penerima Kuasa)                                         (Nama Pemberi Kuasa)

Semoga contoh surat kuasa diatas bermanfaat buat Anda, lihat juga contoh surat pengunduran diri. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda dan juga ke Google Plus, Facebook, Twitter. Terima kasih!!!

Contoh Surat Kuasa

5.026290
tags: ,